Posted by : Ahmad Mahbub Muttaqin Rabu, 02 Desember 2015


Membeli printer yang pas kadang merepotkan siapa saja. Hal ini dikarenakan banyaknya produk yang beredar dengan spesifikasi yang sulit dipahami awam.

Ditambah lagi, saat ini makin banyak saja printer dengan harga selangit yang memiliki berbagai fungsi unik. Padahal, kebanyakan fungsi unik ini tak semuanya digunakan secara signifikan jika dibeli oleh orang yang salah.

Oleh karenanya, daripada Anda menghambur-hamburkan uang dengan membeli printer yang terlalu mahal, ada baiknya simak dulu tips membeli printer sesuai dengan kebutuhan yang akan Anda perlukan nantinya.

Apa saja? Simak 5 tips dari Cnet berikut ini.

1. Printer untuk pengguna rumahan
Biasanya printer untuk rumahan perlu melakukan banyak hal yang dibutuhkan penggunanya. Ada yang hanya digunakan untuk print file-file ringan saja, ada pula yang digunakan untuk print laporan pekerjaan yang jumlahnya bisa lebih tebal dari kamus.

Oleh karenanya, lebih baik cari saja printer kelas awal dengan harga kisaran satu jutaan dengan fitur dasar. Fitur dasar ini adalah kemampuan print warna dengan kombinasi CMYK atau RGBK.

2. Printer untuk pelajar
Pelajar biasanya menggunakan printernya untuk print tugas-tugas sekolah atau proyek pelajarannya. Tugas ini biasanya kebanyakan berisi teks hitam yang bisa terdiri dari beberapa lembar saja hingga ke ukuran yang sangat besar untuk print skripsi dan tugas akhir.

Sehingga, printer yang pas adalah yang harganya juga tak lebih dari satu jutaan rupiah. Pastikan bahwa printer ini memang handal untuk print teks hitam. Fitur print warna tak menjadi keharusan, namun ada baiknya juga jadi pertimbangan dalam membeli.

3. Printer untuk fotografer digital
Kini semua printer inkjet kebanyakan sudah bisa digunakan untuk mencetak foto. Namun, tentunya printer ini tak cocok jika yang menggunakan adalah seorang fotografer atau orang yang mencari uang dengan mencetak foto digital.

Pengguna dengan kebutuhan ini harus mencari printer yang mampu menghasilkan gambar tajam dan bisa menangkap jangkauan dinamis dari sebuah fotografi tradisional. Hasil print dari printer ini seharusnya bisa menghasilkan gambar yang persis dengan apa yang diharapkan.

Kebanyakan printer untuk tujuan ini bisa berkisar hingga puluhan juta rupiah. Memang, meskipun mahal, harga ini sebanding dengan kualitas yang dihasilkan.

Ada baiknya juga pilih printer yang memiliki spektrum warna lebih banyak dari printer inkjet biasa. Hal ini guna menghasilkan hasil print yang kaya warna.

4. Printer untuk bisnis kecil
Jika berbicara printer untuk bisnis, maka yang terlintas adalah printer dengan fitur all-in-one. Yang dimaksud all-in-one ini adalah printer yang memiliki kemampuan print, copy, dan scan.

Saat ini sendiri sudah banyak printer dengan kemampuan ganda tersebut yang dibanderol dengan harga murah di kisaran satu jutaan rupiah. Jadi, tentunya bisnis kecil pun bisa membeli printer ini.

5. Printer untuk korporasi besar
Sama seperti printer bagi bisnis kecil, printer untuk korporasi setidaknya juga memiliki fungsi ganda. Namun, tentunya tak cukup jika mengandalkan printer all-in-one yang biasa saja.

Dengan perusahaan yang besar, tentunya intensitas print nantinya akan semakin besar. Maka, pilih yang memiliki kemampuan print mumpuni.

Kemampuan mumpuni yang dimaksud adalah bisa melakukan tugas print berkali-kali dalam waktu singkat, cepat, dan jumlah yang besar. Minimal, printer ini bisa print 35 lembar per menitnya.

Harga yang ditawarkan untuk printer ini biasanya berkisar pada angka tiga jutaan ke atas. Fitur yang ditawarkan biasanya juga dilengkapi wireless sehingga bisa terhubung ke komputer banyak pegawai.

Tinggalkan komentar Anda. Semoga bermanfaat, amin. Merdeka!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Main Menu

Ono-ono Wae

Ora ono opo-opo

Pages

- Copyright © Halte Teknologi -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -